Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami




Apakah kamu sering memiliki masalah komedo? Sebenarnya komedo itu apa sih?

Komedo adalah tumpukan lemak pada wajah yang biasanya terakumulasi di area hidung, mata, dan pipi. Sama seperti jerawat, komedo timbul akibat adanya penyumbatan pada pori-pori kulit wajah oleh minyak, kotoran maupun sel kulit mati. Hanya saja komedo tidak diselimuti oleh kulit sebagaimana jerawat.
Nah, gejala komedo biasanya menyerang remaja. Aktivitas hormon yang tidak stabil saat pubertas menyebabkan minyak diproduksi secara berlebihan. Kira-kira apa saja ya yang menyebabkan timbulnya komedo?

§  Komedo mucul karena produksi minyak yang berlebih. Biasanya dialami oleh orang yang memiliki jenis kulit berminyak dan sering berkeringat. Pada saat wajah berminyak dan berkeringat, maka akan rerasa lengket. Sehingga kotoran akan mudah menempel, akibatnya pori-pori akan tersumbat. Jika tidak segera dibersihkan akan menyebabkan komedo.

§  Penggunaan make up berlebih. Penggunaan make up berlebih mengakibatkan kulit wajah nyaris tertutup seluruhnya.  Sehingga pori-pori akan tersumbat, dan tidak ada ruang untuk bernafas. Jadi usahakan bagi anda untuk membersihkan wajah dari make up sampai benar-benar bersih. Dengan begitu pori-pori akan bebas dari kosmetik.

§  Kulit kepala dan rambut yang kotor. Kulit kepala dan rambut yang kotor akan mengahsilkanminyak berlebih. Jika keringat kepala mengalir ke wajah maka hal ini menjadi salah satu faktor penyebab tibulnya komedo.



§  Jarang mengganti sarug bantal. Sarung bantal yang kotor adalah sarang bakteri yang dapat memicu timbulnya jerawat dan komedo. Jika anda rajin membersihkan wajah berkali-kali, maka akan sia-sia jika sarung bantal yang anda gunakan untuk tidur tidak terjaga kebersihanya.

§  Asap rokok. Bagi pengguna rokok aktif maupun pasif akan terkena dampaknya. Di dalam asap rokok terdapat partikel-partikel debu yang halus. Jika kulit wajah sering terkena asap rokok, maka tentu saja dapat menyebabkan timbulnya komedo.
Namun jangan kawatir ada beberapa cara untuk menghilangkan komedo secara alami tanpa harus mengeluarkan banyak uang, berikut di antaranya:
1.       kulit jeruk. Kenapa kulit jeruk? Karena kulit jeruk mengandung vitamin C dan alpha hidroksi yang mampu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh debu dan kotoran.
Berikut cara penggunaannya
Pertama kamu bisa menempelkan dan menggosokkan kulit jeruk pada area yang berkomedo. Kedua kamu bisa membuat lotion, yaitu dengan mengeringkan dan menghaluskan kulit jeruk lalu campurkan dengan air. Kemudian oleskan pada bagian yang berkomedo.
2.       Garam. Apa sih kandungan garam? Garam ternyata memiliki kandungan yodium yang tinggi yang dapat mengangkat komedo. Namun untuk menghindari ititasi kulit, sebaiknya hentikan pemakainan setelah komedo hilang.
Berikut cara penggunaanya
Pertama larutkan tiga sendok garam pada segelas air hangat, diamkan beberapa menit. Lalu basuhkan pada wajah, tunggu sampai mengering kira-kira 15 menit. Kemudian basuh wajah kembali menggunakan air bersih.
3.       Putih telur. Ya... ternyata putih telur merupakan sumber protein yang baik. Kandungan protein ini lah yang berfungsi untuk menghilangkan komedo. Selain itu putih telur juga berguna untuk mengencangkan kulit wajah.
Berikut cara penggunaannya
Kocok putih telur sampai berbusa, lalu oleskan pada wajah. Tunggu sampai mengering kira-kira 10-15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat, untuk menghilangkan bau amis bersihkan wajah dengan facial foam.
4.       Lidah buaya. Gel lidah buaya mengandung hormon giberelin dan auksin yang dapat mengurangi peradangan pada kulit, serta dapat melembuatkan kulit.hal ini membuat lidah buaya cocok untuk menghilangkan komedo.
Berikut cara penggunaanya
Pisahkan gel dengan kulit lidah buaya, lalu oleskan gel pada area yang berkomedo. Diamkan selama 10-15 menit. Kemudian basuh wajah dengan air hangat.
5.       Pepaya.buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengangkat sel kulit mati. Serta enzim proteolitik yang mampu menghilangkan komedo.
Berikut cara penggunaanya
Potong daging buah pepaya, haluskan sampai menyeruapai bubur. Lalu oleskan pada wajah yang berkomedo. Tunggu sampai 10-15 menit, kemudian basah wajah dengan air bersih.
6.       Kacang kedelai. Kacang kedelai mengandung protein, kalsium, dan nutrisi lainnya yang berguna bagi kesehatan. Secara khusus kacang kedelai juga ampuh untuk mengatasi  komedo,
Berikut cara penggunaanya
Rendam 50 gram kedelai selama 3-4 jam. Lalu cuci bersih, blender sampai menyerupai bubur. Oleskan pada wajah, tunggu sampai mengering sekitar 10-15 menit. Kemudian basuh wajah dengan air bersih.
7.       Lemon. Buah lemon mengandung mengn=andung vitain C dan zat asam yang dapat membantu mengangkat komedo.
Berikut cara penggunaannya
Iris buah lemon menjadi beberapa bagian. Gosokkan irisan lemon pada selurh bagian wajah, terutama yang terkena komedo. Diamkan selama 10-15 menit. Kemudian basuh dengan air bersih.

Adapun cara-cara di atas harus dilakukan secara rutin. Minimal dua sampai tiga kali dalam seminggu, agar hasil yang didapatkan pun juga maksimal.
Ayo hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan!!!
  

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Komentar

Posting Komentar

Label