Cara Alami Membersihkan Karang Gigi





Bakteri yang ada di dalam rongga mulut dapat mencampurkan protein beserta sisa-sisa makanan untuk membentuk lapisan dengan tekstur yang sangat lengket, yang kemudian disebut plak. Plak biasanya menutupi permukaan gigi. Karena mengandung banyak bakteri, maka plak ini bias merusak email sehingga akan menimbulkan lubang, dan menimbulkan karang gigi. Untuk dapat mencegah kerusakan permanen pada gigi serta penyakit gusi, maka anda harus rutin dalam menghilangkan plak ini. Dan jika plak tersebut tidak segera dibersihkan dari gigi anda, plak akan semakin mengeras hingga membentuk karang gigi.
Karang gigi merupakan lapisan yang keras pada leher gigi yang menutupi pada bagian perlekatan antara gusi dan gigi. Selain itu juga perlu diperhatikan agar karang pada gigi anda tidak sampai membuat gusi kendur dan membengkak, maka hal ini harus segera dibersihkan. Jangan menunda-nunda dalam membersihkan karang gigi, dan sebaiknya dibersihkan secara rutin agar tidak menimbulkan gangguan gusi seperti gingivitis ataupun periodontitis.
Jika pencegahan sudah dilakukan secara maksimal, namun karang gigi tetap terbentuk, maka anda harus mencoba beberapa cara alami untuk membersihkan karang gigi dengan beberapa bahan alami berikut untuk menghilangkannya. 

1. Baking Soda
Bahan pertama yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan menggunakan bubuk soda kue atau baking soda. Biasanya bahan yang satu ini digunakan pada saat terbentuknya plak, namun juga anda dapat mencobanya untuk menghilangkan karang gig. Berikut langkah yang dapat dilakukan :
·         Tuangkan sedikit baking soda pada mangkuk,taburi garam secukupnya
·         Tambahkan air, haluskan hinngga menjadi pasta
·         Kumur-kumur dengan air biasa
·         Tempelkan pasta baking soda pada keseluruhan permukaan gigi
·         Sikat gigi seperti pada umumnya dilakukan selama beberapa menit
·         Kumur-kumur hingga bersih
Untuk menambah kesegaran pada mulut, anda bisa mencampurkan segelas air yang kemudian diberi 10 tetes perasan buah lemon dan 5 sendok teh gliserol sayuran serta 1 sendok teh gel lidah buaya. Aduk keseluruhan bahan dan gunakan sebagai obat kumur. Anda dapat melakukannya hingga 2 kali dalam sehari. 

2. Tomat dan stroberi
Buah dna sayur yang kaya akan serta vitamin C juga sangat cocokk untuk membersihkan gigi secara alami. Mengkonsumsi tomat dan stroberi secara rutin (ataupun buah yang banyak mengandung vitamin C) dapat meningkatkan kesehatan mulut anda, termasuk untuk membersihkan karang gigi.  Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan :
·         Pilih bahan yang ingin anda gunakan antara tomat dan stroberi, lalu cuci bersih
·         Brsihkan mulut dengan air hangat
·         Gosokkanlah tomat atau stroberi pada permukaan gigi (terutama pada bagian yang terbentuk plak atau karang gigi)
·         Diamkan selama kurnag lebih 5 – 10 menit (ketikan kandungan vitaminnya bekerja hingga melembutkan karnag gigi)
·         Bilas mulut anda dengan segelas air hangat (bisa dengan menambahkan baking soda)
3. Keju
Keju meupakan salah satu jenis makanan yang banyak mengandung protein yang cukup tinggi. Kandungan yang dimilikinya ini juga bermanfaat dalam membersihkan karnag gigi. Keju akan bekerja dalam menetralkan asam yang terkandung di dalam mulut yang mana hal ini dapat mengurangi produksi terbentuknya plak.
Sehingga dalam hal ini, mengkonsumsi keju atau makanan yang bercampur dengan keju sebelum makan sangatlah baik untuk dikonsumsi. Dalam memilih keju pun sebaiknya anda mengguankan keju yang sudah berumur, sebba komponen yang terkandung di dalamnya akan bertindak sebagai agen pencegahan.

4. Minyak Wijen
Mengkonsumsi minyak wijen sangat berguna dalam menjaga kesehatan tubuh anda. Selain dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah diabetes, minyak wijen juga dapat mencegah kesehatan usus, rambut, merawat kulit serta memelihara kepadatan tulang.
Diantara berbagai manfaat yang dikandungnya, minya wijen juga dpaat memelihara kesehatan mulut anda, termasuk menghilangkan plak atau karang gigi pada mulut. Cara yang dapat dilakukan pun cukup sederhana, cukup dengan berkumur secara rutin dua kali dalam sehari dengan menggunakan air yang ditetesi minyak wijen. Metode seperti ini uga pernah dilakukan pada suatu riset yang menunjukkan adanya penurunan jumlah bakteri streptococcus pada gigi dan air liur, sehingga dapat memudahkan dalam menghilangkan karang gigi. 

5. Kayu Siwak
Siwak bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi. Tidak banyak yang mengetahui bahwa bahan alami yang tidak berbahaya ini dapat membersihkan karang gigi. Cara yang dapat anda lakukan adalah mengguankannya sebagai alat penyikat gigi dengan dicampurkan sedkit pasta gigi, ataupun melakukannya dengan mengikat serat kayu siwak pada gigi kemudian menggosok gigi dengan pasta gigi seperti biasa.

6. Getah Buah Sukun
Buah sukun yang banyak kita temui di tanah Jawa ini dapat kita manfaatkan getahnya untuk mengobati berbagai macam penyakit pada gigi. Salah satu penggunaan getah buah sukun ini adalah dapat membersihkan karang gigi dengan mudah. Untuk menggunakan bahan yang satu ini, anda hanya perlu mengoleskan getah buah sukun pada karang gigi dan membiarkannya selama beberapa menit, lalu kumur dengan air bersih.

7. Biji Asam Kawak
Selain menjadi bahan penambah cita rasa pada suatu makanan, biji asam kawak pun memiliki kemampuan untuk menyehatkan gigi. Termasuk menghilangkan karang gigi. Berikut cara yang dapat dilakukan :
·         Sangrai beberapa biji asam kawak
·         Tumbuk hingga halus
·         Oleskan tumbukan biji asam kawak pada karang gigi
·         Sikat selama beberapa menit
·         Kumur dengan air bersih
8. Kulit Jeruk
Mengusapkan kulit jeruk secara langsung pada gigi yang bermasalah merupakan salah satu cara mudah juga dalam membersihkan karang gigi. Namun yang perlu diingat, setelah mengusapkan langsung kulit jeruk sebaiknya jangan langsung kumur-kumur. Sebaiknya diamkan selama beberapa jam. Dengan kandungan yang terdapat di dalam kulit jeruk, menyebabkannya dapat memerangi mikro-organisme pada gigi dan mematikan bakteri-bakteri penyebab bau mulut serta karang gigi.

9. Makanan Pedas
Mengonsumsi makanan pedas ternyata bisa memerangi karang gigi, namun tidak berlebihan tentunya. Dengan mengonsumsi makanan pedas, akan ammapu mengingkatkan sekresi air liur dengan mensimulasi kelenjar di mulut anda, yang kemudian kelenjar tersebut dapat membersihkan gusi dan gigi.

10. Mengunyah Buah dan Sayur
Kandungan yang baik yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat menjaga kesehatan mulut. Jika anda ingin menghilangkan karang gigi, langkah yang dapat dilakukan dengan bahan-bahan ini adalah cukup dengan mnegunyak berbagai macam buah dan sayur, seperti apel, melon, wortel ataupun seledri selama kurang lebih satu jam setelah makan. Hal tersebut akan dapat menghilangkan bau mulut dan karang gigi akan berkurang, selain itu gigi juga akan menjadi putih secara alami dan natural.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan membersihkan karang gigi dengan bahan-bahan yang alami yang dapat anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke dokter dan mengelurkan biaya yang cukup mahal. Cara-cara tersebut akan efektif selama anda melakukannya secara rutin dan konsisten. Selamat mencoba.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Komentar

Posting Komentar

Label