Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami




Jerawat merupakan salah satu jenis masalah kulit yang sering kali membuat kita kesal dan  jengkel, apalagi bekas yang ditimbulkan oleh jerawat ini sangat sulit untuk dihilangkan. Akan tetapi, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghillangkan bekas jerawat. Beberapa diantaranya dengan menggunakan terapi sinar laser ataupun dengan menggunakan produk-produk kecantikan yang telah direkomendasikan oleh dokter atau yang dapat diperoleh di pasaran.
Namun, bagi anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat dengan tanpa mengeluarkan biaya yang cukup mahal, maka anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami yang banyak dan mudah ditemui di sekitar anda.
Dengan melakukan perawatan secara rutin dengan menggunakan bahan-bahan alami ini dapat diperkirakan akan mampu mengatasi masalah pada wajah anda dan juga tidak menimbulkan efek samping yang berlebih. Berikut ini merupakan berbagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami : 

1. Lemon
Lemon adalah salah satu buah yang  dapat mempercepat produksi kolagen pada kulit serta dapat merangsang terbentuknya sel- sel kulit baru. Lemon sangat efektif untuk mencerahkan kulit wajah anda dan juga dapat menghilangkan noda hitam yang timbul akibat jerawat. Berikut adalah cara menggunakan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat :
1.       Sediakan 1 buah lemon
2.       Tekan sedikit lemon, untuk mempermudah keluarnya cairan buah lemon saat diperas
3.       Potong lemon menjadi dua bagian
4.       Peras lemon
5.       Oleskan cairan lemon pada bekas jerawat anda
6.       Biarkan selama kurang lebih 15 menit
7.       Bilas dengan air dingin lalu keringkan dengan handuk
Lakukan perawatan secara rutin untuk pengobatan minimal sekali dalam sehari. Setelah menggunakan lemon sebagai masker, berikan juga pelembab wajah, sebab lemon dapat mempengaruhi kulit dan membuat kulit kering

2. Kulit Jeruk
Kulit jeruk memiliki Kadar vitamin C serta asam alpha hidroksi yang sangat tinggi. Hal ini menjadikan kulit jeruk mampu membersihkan pori-pori pada kulit yang tersumbat baik oleh debu ataupun kotoran. Selain itu, senyawa-senyawa ini juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati, dan jika digunakan secara rutin, kulit jeruk dapat membantu untuk menghilangkan bekas jerawat. Berikut adalah cara untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan kulit jeruk :
1.       Keringkan kulit jeruk hingga benar- benar mengering
2.       Haluskan kulit jeruk yang sudah kering hingga menjadi bubuk
3.       Tambahkan air pada bubuk kulit jeruk tersebut, kemudian aduk hingga menjadi pasta
4.       Oleskan pasta kulit jeruk pada wajah yang berjerawat
5.       Diamkan selama beberapa menit
6.       Bilas dengan air hangat 

3. Madu
Madu merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk menghilangkan jerawat hingga bekas-bekasnya. Efek antiseptik pada madu juga dapat mengurangi peradangan pada wajah juga dapat melembabkan kulit. Pada kulit sensitifpun madu dapat digunakan. Berikut cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan madu :
1.       Siapkan beberapa tetes madu
2.       Oleskan madu pada noda bekas jerawat
3.       Diamkan selama kurang lebih 15 menit
4.       Setelah madu mengering dan lengket, bilas dengan air dan keringkan

4. Es Batu
Es batu selain menjadi bahan yang paling mudah untuk didapatkan juga  cukup ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Es batu memiliki efek untuk menenangkan kulit dan mengurangi peradangan. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan es batu :
1.       Gunakan air mineral yang steril untuk membuat es
2.       Bungkus es batu yang telah membeku dengan kain bersih, gunakan secukupnya
3.       Oleskan atau diamkan beberapa detik pada area noda bekas jerawat
4.       Ulangi proses tersebut pada perawatan hingga 3 kali dalam sehari

5.  cuka sari apel
Kandungan yang terdapat pada cuka sari apel dapat mengatur tingkat keasaman pada kulit ((pH Kulit) serta dapat mekngurangi  kulit kemerahan yang diakibatkan dari jerawat. Berikut cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat dengan menggunkaan cuka sari apel :
1.       Campurkan secukupnya cuka sari apel dengan air mineral 
2.       Oleskan campuran tersebut pada noda bekas jerawat dengan menggunakan kapas
3.       Diamkan Selma 10-20 menit
4.       Bilas dengan menggunakan air hangat

6. Lidah Buaya
Tumbuhan yang satu ini mampu menyembuhkan berbagai macam jenis luka, termasuk bekas jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan aloesin yang mampu menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Selain itu senyawa yang terdapat dalam lidah buaya juga mampu merangsang terbentuknya sel –sel kulit baru serta memudarkan bekas jerawat. Berikut langkah-langkah menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya :
1.       Potong lidah buaya yang  sudah dibersihkan  menjadi dua bagian
2.       Iris dan hilangkan bagian yang berduri
3.       Kupas bagian atas kulit lidah buaya
4.       Ambil gelnya, simpan pada wadah yang sudah dibersihkan
5.       Haluskan gel lidah buaya dengan menggunakan garpu, atau diblender
6.       Oleskan gel lidah buaya langsung pada kulit wajah yang terdapat noda bekas jerawat
7.       Diamkan selama kurang lebih 15 menit
8.       Bilas dengan menggunakan air hangat, lalu keringkan

7. Bawang Putih
Di dalam bawang putih selain mengandung senyawa thiadremonon sulfur yang dapat membantu mengeringkan jerawat, juga mengandung allicin yang bersifat antiseptik yang ampuh menangkal bakteri penyebab jerawat. Berikut cara menggunakannya :
1.       Haluskan bawang putih
2.       Oleskan pada bekas jerawat
3.       Diamkan selama beberapa menit
4.       Bilas dengan air hangat 



8. Pepaya
Pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengikis sel kulit mati. Selain itu papaya juga mengandung antioksidan dan vitamin yang dapat mengatasi kulit kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat sekaligus dapat memudarkan noda bekas jerawat. Berikut cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan papaya :
1.       Potong beberapa bagian daging pepaya yang sudah dibersihkan
2.       Haluskan pepaya, lalu oleskan pada wajah
3.       Diamkan selama 15 menit
4.       Bilas dengan menggunakan air hangat
Selain menggunakan bahan-bahan tersebut untuk menghilangkan bekas jerawat, juga dapat menggunakan Scrub Gula, masker alpukat dan madu, baking soda, ketimun, putih telur, pasta gigi, dan minyak pohon teh.
Demikian bahan-bahan yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit anda.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Komentar

Posting Komentar

Label