Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

Penanaman Jamur tiram sesuai untuk kawasan tropika seperti Indonesia. Pelaburan yang diperlukan untuk memulakan tanam Jamur tiram dan bisa dilakukan secara langsung beransur-ansur. Bahagian yang paling sukar adalah membuat baglog, menanam media yang telah diperkenalkan dengan biji Jamur.

Nama latin Jamur tiram adalah Pleurotus ostreatus, kumpulan Basidiomycota. Memanggil Jamur tiram kerana bentuk tajuk rupa tiram. Bentuk separuh bulatan putih. Di dalam pembohong, Jamur tiram putih lazimnya ditemui pada batang kayu lapuk. Oleh itu, mungkin Jamur tiram sering dipanggil Jamur kayu.

Ada dua aktiviti utama dalam penanaman Jamur tiram. Langkah pertama adalah untuk membuat media penanaman dan untuk menanam benih dalam media tanam. Jadi media melimpahi miseli putih seperti kapas. Tahap kedua adalah untuk menanam miselium menjadi badan buah.

Bagi pendatang baru, Biasanya memulakan aktiviti penanaman dengan mengembangkan baglog menjadi daging buah. Pengembalian uang, mohon yang dibeli dengan membeli dari pihak lain. Kemudian, selepas perniagaan yang semakin meningkat dan banyak, ia hanya membuat sendiri.

Dalam makalah ini, saya akan menampung langkah-langkah yang mesti disediakan untuk memulakan penanaman Jamur tiram putih.
Sediakan Kumbung

Rumah Kumbung atau Jamur adalah tempat untuk menjaga baglog dan tumbuh Jamur. Kumbung biasanya Bangunan, dilengkapi dengan rak untuk memuat baglog. Bangunan itu sepatutnya memiliki keupayaan untuk mengekalkan suhu dan kelembapan.

Kumbung biasanya dibuat dari buluh atau kayu. Dinding Kumbung boleh dibuat dari alur atau papan. Kumbungnya adalah dari jubin atau sirap. Jangan gunakan Kumbung asbestos atau zink, kerana Kumbung akan membawa haba. Bahkan lantai tidak boleh dipadatkan. Agar udara yang digunakan untuk mengepam Jamur bisa meresap.

Di dalam banglo ini dilengkapi dengan rak dalam bentuk yang berbeda. Para rak bekerja untuk menyusun baglog. Rak dapat dibuat dari buluh atau kayu. Rak yang dibarisi. Antara rak satu dengan yang lain oleh lorong untuk rawatan.

Ketinggian ruang antara rak tidak bisa kurang dari 40 cm, rak boleh dibuat 2-3 tingkat. Lebar rak 40 cm dan panjang rak setiap 1 meter. Setiap rak saiz ini boleh mengandungi 70-80 baglog. Rak tempat makan diselaraskan dengan jumlah baglog yang hendak ditanam.

Cara membuat Jamur tiram putih

Sebelum mem-masukkan ke dalam Kumbung, lebih baik dulu dulu dulu. Berikut adalah langkah-langkah berikut:

    1. Bersihkan Kumbung dan rak untuk menyimpan beg it dari kotoran.
    2. Gangguan pemangkasan dan penyemburan dengan trauma kulat di dalam Kumbung. Biarkan selama 2 hari sebelum mohon masuk ke Kumbung.
   3.  Setelah bau dadah hilang, baglog siap untuk berkembang. Semua permukaan akan mulai memutih.

Membuat baglog

Baglog adalah media budidaya bibit jamur tiram sederhana. Bahan permainan Bagel adalah serbuk gergaji, karena jamur tiram mengandung jamur kayu. Baglog dibungkus dalam silinder plastik, di mana satu ujung diberi lubang. Di lubang ini jamur tiram akan tumbuh.

Dalam budidaya jamur tiram skala besar, petani jamur biasanya membuat bagel sendiri. Tetapi bagi petani baru, atau petani dengan modal terbabaglog, biasanya dibeli dari pihak lain. Jadi petani bisa fokus untuk melakukan bisnis dalam penanaman.

Saat ini, baglog tiram sekitar 1 kg dijual seharga Rp. 2.000-2.500. Misalnya jika Anda ingin membuat sendiri, silakan baca cara membuat baglog jamur tiram.
Cara Menjaga baglog

Ada dua cara untuk mengatur kantong di rak, yang ditempatkan secara vertikal di mana baglog menghadap ke abaglog. Dan secara horizontal, lubang menghadap ke samping.

Kedua metode ini memiliki kelebihannya. Baglog disusun secara horizontal lebih aman daripada cipratan air. Jika penyiraman berlebihan, air tidak akan masuk ke baglog. Selain itu, untuk mempermudah panen. Baru setelah itu, urutan horizontal membutuhkan lebih banyak ruang.

Cara meningkatkan margin keuntungan budidaya jamur tiram

Cara-cara berikut untuk mempertahankan budidaya jamur tiram adalah sebagai berikut:

    Sebelum baglog disiapkan, buka dulu cincin baglog dan kerbaglog penutup. Kalau begitu mari kita berpikir selama 5 hari. Jika lantai terbuat dari tanah, lakukan air untuk meningkatkan kelembapan.
    Setelah itu, potong tepi blog untuk memberikan ruang pertumbuhan yang lebih luas. Diamkan selama 3 hari, jangan menyiramnya. Penyiraman sudah cukup di lantai.
    Penyiraman dengan penyemprot. Kebutuhan penyiraman untuk membentuk kabut, bukan air menetes. Semakin baik fogging. Frekuensi penyiraman adalah 2-3 kali sehari, tergantung pada suhu dan kelembapan atap. Pastikan suhu dalam 16-24 drajat C.

Panen budidaya jamur tiram

Jika baglog menggunakan permukaan telah tertutup sepenuhnya dengan miselium, biasanya dalam waktu 1-2 minggu setelah membuka tutup baglog, jamur akan tumbuh dan dapat dipanen. Jamur baglog bisa dipanen 5-8 kali, jika perawatannya bagus. Baglog yang beratnya sekitar 1 kg akan menghasilkan jamur 0,7-0,8 kg. Setelah itu dibuang atau bisa digunakan sebagai bahan pengomposan.

Panen dilakukan pada jamur yang mekar dan membesar. Tepatnya jika tepi telah menunjuk ke. Tapi topi itu tidak merusak warna putih yang masih ada. Jika panen hanya setengah hari, warnanya menjadi sedikit kecoklatan dan tudung patah. Ketika sudah seperti ini, jamur akan cepat layu dan tidak bertahan lama. Panen pertama dimulai dari 2-3 minggu.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi Anda membantu Admin untuk lebih giat lagi dalam membagikan template blog yang berkualitas. Terima kasih.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Komentar

Posting Komentar

Label